SDN 01 NUSA MAJU

Pendidikan Karakter, beretika, dan mandiri menuju sekolah yang unggul dan mandiri

LightBlog

Breaking

Wedding card

Saturday, July 18, 2020

SOLUSI MENCETAK K7A DI ARKAS TERBARU YANG ERROR ATAU GAGAL

SOLUSI MENCETAK K7A DI ARKAS TERBARU YANG ERROR ATAU GAGAL

Error cetak K7a
Ruang Belajar | Bersama

Sahabat Belajar, kini Admin ingin berbagi Tutorial mengatasi permasalahan error saat mencetak K7a (Laporan Penggunaan Dana) di Arkas terbaru yang mengalami error atau gagal cetak.
Berikut ini kami berbagi untuk seluruh sobat belajar, Langkah -langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Silahkan Download terlebih dahulu Instaler Arkas terbaru versi 2.05, dilink berikut ini: RKAS-Ver.2.05
  • Setelah instaler versi 2.05 selesai diunduh, silahkan lakukan backup database ARKAS dengan file extension "".  
Cara Backup data silahkan ikuti langkah berikut ini :
Pertama : 
Silahkan buka File explorer seperti berikut ini : 
Selanjutnya klik pada kolom Tab Menu Pencarian di atas seperti berikut :
 

Kemudian ketik : " %appdata% " (tanpa petik), lalu enter, maka akan muncul beberapa folder pencarian pilih salah satu folder "ArtTech", dan buka file tersebut. seperti berikut ini :
 

Setelah diklik maka akan muncul Folder "RKAS",  
Klik Menu RKAS dan Pilih file "RKASClient2020", Copy file tersebut dan simpan di Folder yang lebih aman.
 

>>Backup database selesai...., selanjutnya......!!!
  • Setelah selesai backup, selanjutnya silahkan Uninstal Aplikasi ARKAS yang sudah terinstal sebelumnya.
  • Setelah selesai silahkan lakukan Instalasi RKAS 2.05 yang baru anda download, pastikan bahwa versi yang terinstal adalah versi terbaru seperti berikut ini : 
    RKAS versi 2.05
  • Kemudian setelah selesai instalasi, silahkan copypaste kan database yang telah kita simpan ke Folder ➧ArtTech➧RKAS, dan replace file "RKASClient2020" dengan file backup yang telah kita simpan.
  • Setelah selesai silahkan silahkan buka Aplikasi RKAS lalu Log in/Masuk dengan akun sekolah masing - masing : 
  • Setelah masuk di Menu Beranda ARKAS, silahkan klik menu Penatausahaan lalu klik Aktivasi BKU dan pilih Sumber Dana untuk memastikan bahwa file yang telah kita backup sudah sesuai, seperti berikut ini : 
  • Kemudian silahkan klik menu Laporan Penggunaan lalu pilih Anggaran, Jenis Periode dan Periode, kemudian klik OK sesuai kebutuhan yang diinginkan seperti berikut ini : 
  • Wusssttt...hasilnya, Laporan Penggunaan (K7A) berhasil untuk dicetak ataupun disimpan. 
  • selesai

Terima kasih semoga tutorial ini bermanfaat buat Sahabat data semua, salam berjuang lurrr....!!!

NB :Bila terkendala silahkan komentar dikolom kmentar dibawah 



1 comment: