SDN 01 NUSA MAJU

Pendidikan Karakter, beretika, dan mandiri menuju sekolah yang unggul dan mandiri

LightBlog

Breaking

Wedding card

Saturday, September 30, 2023

Siswa dan Guru SD Negeri 01 Nusa Maju Kecamatan Belitang III Melaksanakan sholat Istisqa' berjamaah dilingkungan Sekolah


Siswa dan Guru melaksanakan Sholat Istisqa' atau Sholat meminta Hujan 

Sahabat Data| Salam sukses sahabat Data, pada hari ini Minggu tanggal 1 Oktober 2023 keluarga besar SD Negeri 01 Nusa Maju Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur melaksanakan shalat Istisqa' dihalaman SD Negeri 01 Nusa Maju, dengan harapan pada Allah SWT mengabulkan segala harapan agar diturunkan hujan yang barokah sehingga harapan masyarakat dan seluruh warga sekolah dikabulkan.
Dewan guru mempersiapkan siswa untuk menyiapkan diri dan meluruskan shaf sholat.

sholat Istisqa'dimulai pukul 06.30 WIB, jamaah bersiap untuk melaksanakan shalat.

Shalat dimulai dan Bapak H. Sudarno, S.Pd.SD menjadi imam shalat.

para jamaah shalat dengan khusyuk mengikuti shalat Istisqa'.

Berdo'a agar diijabah segala harapan, agar kehidupan kembali subur dengan air yang diturunkan atas Rahmah Allah SWT.

Apa sih sholat Istisqa'???
Sholat Istisqa' adalah salah satu ibadah dalam agama Islam yang dilakukan dengan tujuan untuk memohon hujan kepada Allah SWT ketika wilayah tertentu mengalami kekeringan atau kemarau yang berkepanjangan. Ibadah ini memiliki makna yang dalam dalam kehidupan umat Islam, karena air hujan adalah anugerah Allah yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk lainnya di bumi.

Mengapa Sholat Istisqa' Dilakukan?

Sholat Istisqa' dilakukan ketika suatu wilayah mengalami kekeringan yang mengancam pertanian, sumber daya air, dan kehidupan manusia serta hewan di sana. Islam mengajarkan bahwa ketika manusia menghadapi kesulitan dan ketidakmampuan mereka untuk mengatasi masalah tersebut, mereka harus berpaling kepada Allah SWT dengan berdoa dan beribadah.

Cara Melakukan Sholat Istisqa'

Sholat Istisqa' dilakukan secara berjamaah dan dipimpin oleh seorang imam atau pemimpin sholat. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam melaksanakan Sholat Istisqa':

Pembersihan Diri
Sebelum memulai sholat, umat Islam harus membersihkan diri mereka sendiri dengan berwudhu atau mandi junub jika diperlukan.

Tempat dan Waktu
Sholat Istisqa' biasanya dilakukan di lapangan terbuka dan pada saat terang atau di bawah sinar matahari. Ini adalah bagian dari tanda penyesalan dan permohonan kepada Allah untuk mengirimkan hujan.

Sholat Berjamaah
Umat Islam berkumpul dalam kelompok besar untuk melaksanakan sholat ini. Imam akan memimpin sholat, dan doa-doa istisqa' akan dibaca selama sholat.

Doa Istisqa': 
Selama sholat, umat Islam akan berdoa dengan penuh harapan kepada Allah, memohon agar Dia mengirimkan hujan yang bermanfaat bagi mereka dan lingkungan sekitar.

Sujud dan Taubat
Sujud dan taubat merupakan momen penting dalam Sholat Istisqa', di mana umat Islam merendahkan diri di hadapan Allah dan memohon pengampunan atas dosa-dosa mereka.
Sholat Istisqa' adalah salah satu bentuk doa dan ibadah dalam Islam yang mengingatkan umatnya untuk selalu bergantung pada Allah dalam menghadapi kesulitan, seperti kekeringan. 
Setelah sholat Istisqa'selesai jamaah saling bersalaman sebagai bukti silaturahmi dan keharmonisan antara guru dan peserta didik.
siswa berjabat tangan dengan guru. Dengan keikhlasan hati.
Ini juga mengajarkan nilai-nilai kerendahan hati dan pengakuan atas kekuasaan Allah atas segala hal di alam semesta ini. Semoga dengan melakukan Sholat Istisqa', Allah akan mengabulkan permohonan umat Islam dan mengirimkan hujan yang sangat diharapkan ke wilayah OKU Timur yang membutuhkannya.

Salam satu Data 

No comments:

Post a Comment