SDN 01 NUSA MAJU

Pendidikan Karakter, beretika, dan mandiri menuju sekolah yang unggul dan mandiri

LightBlog

Breaking

Wedding card

Thursday, August 3, 2023

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2023

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2023 SD Negeri 01 Nusa Maju




Sahabat Data| Hari Anak Nasional tahun 2023 merupakan momentum istimewa bagi kita semua untuk merenung dan meneruskan komitmen dalam memberikan perlindungan, perhatian, dan hak-hak yang layak untuk anak-anak Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa, anak-anak adalah aset berharga yang harus diberdayakan dengan sepenuh hati. Melalui peringatan Hari Anak Nasional, kita diingatkan akan tanggung jawab bersama dalam menciptakan lingkungan yang aman, mendukung pertumbuhan optimal, dan memberikan akses penuh terhadap pendidikan dan kesehatan. 




Marilah kita bersama-sama berupaya membangun masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak kita, menghormati hak-hak mereka, dan menginspirasi mereka untuk menjadi generasi yang tangguh, kreatif, dan berdaya saing dalam bingkai nilai-nilai luhur bangsa.

Adapun kegiatan perlombaan tradisional di SD Negeri 01 Nusa Maju Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur seperti:

1. Lomba Gobak Sodor






Lomba Gobak Sodor adalah permainan tradisional yang populer di Indonesia. Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak-anak dengan dua kelompok yang saling berhadapan. Setiap kelompok memiliki tujuan untuk menjebol pertahanan lawan dan menangkap anggota kelompok lawan.

Permainan Gobak Sodor ini melibatkan kecepatan, ketangkasan, dan strategi dalam menghindari serangan lawan serta mencoba menangkap anggota kelompok lawan. Biasanya, permainan ini dimainkan di lapangan atau area terbuka dengan garis sebagai batas area permainan.




Lomba Gobak Sodor tidak hanya menjadi ajang kesenangan dan kebersamaan, tetapi juga memiliki nilai-nilai sosial. Permainan ini mengajarkan tentang kerjasama, sportivitas, dan sikap fair play. Dengan demikian, permainan ini menjadi bagian dari warisan budaya yang patut dilestarikan dan diperkenalkan kepada generasi muda agar dapat terus dijaga dan dilestarikan nilai-nilai luhur dari permainan tradisional Indonesia.

2. Permainan Tradisional Rangku Alu




Rangku alu adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan menggunakan batang bambu. Biasanya, para pemain harus melompati atau melewatkan batang bambu yang diletakkan secara horizontal dengan ketinggian yang semakin tinggi setiap putaran.

Permainan ini sering dimainkan di berbagai daerah dan memiliki banyak variasi dalam aturan dan nama di setiap daerahnya. Ini adalah permainan yang menyenangkan dan melibatkan kecepatan, kelincahan, dan keterampilan fisik.


Berikut adalah cara bermain Rangku alu:

  1. Persiapkan Batang Bambu: Dapatkan batang bambu yang kuat dan panjang. Bambu tersebut harus cukup panjang sehingga semakin tinggi setiap putaran permainan.
  2. Bentuk Rangkaian Bambu: Buat rangkaian bambu dengan meletakkannya secara horizontal di atas tanah. Jarak antara dua batang bambu harus cukup lebar untuk pemain dapat melompatinya.
  3. Pemain Bergantian: Pemain akan bergantian melompati batang bambu. Urutan pemain biasanya ditentukan dengan cara memilih atau undian.
  4. Ketinggian yang Semakin Tinggi: Setelah semua pemain berhasil melompati batang bambu pada tinggi tertentu, ketinggian batang bambu akan ditinggikan untuk putaran selanjutnya. Semakin tinggi batang bambu, semakin menantang permainannya.
  5. Eliminasi: Jika seorang pemain gagal melompati atau menyentuh batang bambu, maka pemain tersebut akan dikeluarkan dari permainan. Permainan berlanjut dengan ketinggian yang semakin tinggi sampai hanya satu pemain yang tersisa sebagai pemenang.
  6. Penentuan Pemenang: Pemain yang mampu melewati ketinggian tertinggi atau menjadi pemain terakhir yang tersisa di akhir permainan, akan menjadi pemenang dari permainan Rangku alu.

Demikian Kegiatan kami dalam menyambut Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2023, semoga menjadi inspirasi bagi sahabat semua. Aamiin....

No comments:

Post a Comment