SDN 01 NUSA MAJU

Pendidikan Karakter, beretika, dan mandiri menuju sekolah yang unggul dan mandiri

LightBlog

Breaking

Wedding card

Monday, September 9, 2019

TUTORIAL MENGATASI SARPRAS DI DAPODIK VERSI 2020 BERTANDA SILANG MERAH

TUTORIAL MENGATASI SARPRAS DI DAPODIK VERSI 2020 BERTANDA SILANG MERAH


Sobat belajar | terbaik

Elementary-school | Sobat belajar jumpa lagi kita untuk menguraikan Permasalahan Silang merah pada SARPRAS ( Sarana dan Prasarana ) di beranda Dapodik versi 2020. karena banyak pembaharuan dalam setiap versi Dapodik maka akan terjadi perubahan pola penanganannya setiap muncul permasalahan.

Banyak yang belum detail mengerti apa itu Dapodik sebenarnya, berikut sedikit ulasan mengenai Dapodik >>
Aplikasi DAPODIK adalah sistem yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (yang selanjutnya disebut Kemendikbud) untuk pengumpulan 4 entitas data besar yang berada disetiap sekolah jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah meliputi Satuan Pendidikan, GTK, Peserta Didik dan Substansi Pendidikan. Kemendikbud menghormati semua undang-undang hak cipta dan ketentuan yang berlaku untuk pembuatan, pengembangan serta distribusi dan perangkat lunak. Dilarang keras memanfaatkan perangkat lunak ini untuk keperluan komersial. Penggunaan perangkat lunak ini dilindungi undang-undang. Dengan menginput data dan mengirimkan data melalui perangkat lunak ini berarti anda telah sepakat untuk mengirimkan data sebenar-benarnya tanpa ada rekayasa. Segala pelanggaran hukum terkait data dapat mengakibatkan sanksi pidana sesuai undang-undang yang berlaku. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.

Kembali ke pokok permasalahan, dengan pentingnya data ini maka diharapkan ke-valid-an data tersebut, termasuk dalam sarana dan prasarana di Dapodik. Berikut penanganan Silang merah yang terjadi didalam Aplikasi Dapodik versi 2020 :

Langkah-Langkah mengatasi silang merah pada Sarpras di Dapodik versi 2020 :
  1. Pertama Log in di Dapodik versi 2020, setelah masuk di Beranda dapodik silahkan cek Sarpras yang tersilang merah, jika Sarana dan Prasana itu benar-benar ada dan dipastikan sekolah memiliki maka lakukan langkah selanjutnya untuk mengatasi silang merah tersebut.
  2. Selanjutnya silahkan pilih item SARPRAS untuk mengatasi silang tersebut, seperti gambar berikut ini : 
    Menu Sarpras New
  3. Setelah pilih Sarpras silahkan pilih Ruang yang dipastikan dimiliki oleh sekolah, misalnya: Ruang Guru, pastikan Ruang tersebut ada dan klik pada kolom Ruang Kepsek/Guru, dan input kondisi ruang tersebut dalam kondisi Baik, lalu klik Simpan. Seperti view berikut ini:      
    Menu Ruang
     
    Tingkat Kerusakan Ruang/Kondisi ruang
  4. Setelah semua dipastikan baik, langkah selanjutnya cek pada Menu Alat,  Angkutan dan Buku, dalam Menu ini dipastikan dalam ruang tersebut telah memiliki kategori atau standarisasi sebuah Ruang. silahkan klik ruang yang akan dibenahi datanya, seperti berikut ini: 
    Pilih satu ruang yang akan dibenahi
  5. Setelah dipilih ruang silahkan Simpan data isi ruang yang masih diblok warna kuning, dengan cara klik sarpras tersebut lalu pilih Ubah selanjutnya isi datanya lalu klik Simpan. seperti gambar berikut ini:    
                  
  6. Setelah di Simpan lalu klik Menu Aksi pada ruang tersebut Pilih Menu Periodik 2019/2020, dan dipastikan bahwa isi atau jumlahnya dalam ruang tersebut dipastikan dalam keadaan Laik (Layak dan Baik). seperti gambar berikut ini : 
     
  7. Setelah di simpan, maka pastikan isi dalam ruang tersebut sudah tercentang hijau semua, seperti berikut ini: 
  8. Finish alias selesai, dan silahkan tekan ctrl + F5, dan buka beranda anda, jika berhasil maka dipastikan silang merah secara otomatis akan berubah centang hijau.
Demikian info dari pembelajar, semoga bermanfaat dan salam belajar selalu... good luck dan selamat bekerja sobat.





No comments:

Post a Comment